Saham Online dalam Perdagangan Jangka Pendek

Jual beli saham online jangka pendek lumayan menguntungkan apabila dilakukan dengan benar dan disiplin. Pastikan membuat aturan main yang dapat memaksimalkan keuntungan dan meminimalkan tingkat kerugian.

Saat ini pasar saham kondisinya sedang agak lesu, tapi untuk para trader jangka pendek bukan berarti ini waktu untuk beristirahat. Apabila analisis fundamental menekankan pada inner beauty suatu saham dan kinerja jangka panjang, technical akan memanfaatkan trend yang sedang berlangsung belakangan beserta dengan seluruh akrobatnya. Dua-duanya menguntungkan, apabila dilakukan dengan benar. Berikut rekomendasi gue tentang aturan main untuk perdagangan jangka pendek.

Buka Akun di Pialang Saham

Ada banyak pialang saham, gue sendiri memakai Mandiri Online Sekuritas Trading dengan biaya pembelian 0.18% dan penjualan 0.28%. Klik disini kalau mau ikutan memakai apps yang sama.

Pertama: Pilih Saham Online dengan Volume Transaksi Tinggi

Volume perdagangan yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya merupakan indikator pertama bahwa saham tersebut sedang aktif. Pada MOST apps yang ada di smartphone, bisa dilihat saham mana saja yang paling aktif. Berikut contoh saham yang sedang ada dalam watchlist gue menggunakan Yahoo Finance pada perdagangan hari ini.

Kedua: Pastikan Moving Average Naik

Moving Average yang naik menandakan bahwa trend harga saham tersebut sedang naik. Berikut Moving Average untuk saham yang sama di hari ini.

Moving Average Saham
Moving Average digambarkan oleh 4 garis berwarna.

Ketiga: Pasang Stop Loss

Dalam perdagangan saham jangka pendek, meminimalkan kerugian lebih penting daripada merasa benar. Jadi kalau lo sudah memilih saham yang ternyata harganya turun, lebih baik segera dijual daripada berharap bahwa saham itu akan naik lagi harganya. Ingat, bermain saham hanya memerlukan aturan main benar yang dijalankan dengan disiplin. Perdagangan saham tidak melibatkan istilah harapan ataupun perasaan.

Penjualan saham secara otomatis bisa dilakukan dengan fitur stop loss atau auto-sell yang ada dalam MOST app. Angka yang sering dipasang adalah 7% di bawah harga beli, akan tetapi hal ini subjektif terhadap pertimbangan masing-masing. Ada juga yang memasang 1% di bawah harga terendah hari sebelumnya. Apapun patokannya, yang penting stop loss ini digunakan. Tujuannya adalah menghindari kerugian lebih jauh dan meminimalkan opportunity loss yang terjadi ketika uangnya mandek di saham yang tidak bagus.

Auto-sell juga dilakukan untuk mencegah profit berkurang. Ada fitur trailing stop yang bisa menjual saham secara otomatis ketika harganya turun dari referensi yang sudah ditetapkan.

Latihan, Latihan, Latihan!

Setiap pedagang saham memiliki formulanya masing-masing untuk menang dalam transaksi. Hal ini disebabkan karena ada beberapa indikator lain dalam perdagangan saham teknikal yang sulit untuk ditetapkan menjadi aturan baku. Untuk selalu memperbaiki formulanya, diperlakukan latihan terus menerus dan eksperimen karena tidak ada aturan yang umum.

Selain itu, pastikan dalam setiap perdagangan, dana yang dimasukan tidak lebih dari 2% keseluruhan modal yang dialokasikan untuk perdagangan jangka pendek. Tentunya akan sangat kompleks karena artinya butuh 50 transaksi yang berbeda untuk utilisasi yang optimal. Namun hal ini baik untuk berlatih dan menekan perasaan yang muncul selama proses seperti takut atau terlalu senang ketika main.

Oya, mulai besok gue akan berbagi juga tentang jurnal transaksi yang gue lakukan. Gue juga punya formula sendiri yang memang belum teruji dengan berbagai situasi dan kondisi. Score yang ada dihitung berdasarkan kriteria yang gue buat.  Disclaimer: jurnal gue hanya sebatas referensi ya, jadi bukan dasar untuk pengambilan keputusan. Untuk saran profesional, silakan berkonsultasi pada ahlinya.

Berikut watchlist gue untuk besok, tidak ada faktor lainnya selain score yang berasal dari kriteria. Watchlist ini juga berubah ya setiap hari. Disclaimer berlaku, tolong bertanggung jawab atas setiap keputusan yang diambil dan tanggung baik keuntungan maupun resikonya sendiri. Selamat melakukan perdagangan saham online!

  1. SRTG score 82%.
  2. NISP score 56%.
  3. ASSA score 80%.
  4. HOKI-W score 57%.
  5. POOL score 58%.
  6. PKPK score 53%.
  7. BOGA score 60%.
  8. BBRM score 67%.
  9. BKDP score 59%.
  10. BBHI score 42%.

Ada Yang Ingin Ditanyakan?

Cerna-cerna dulu, apabila ada yang ingin ditanyakan, jangan ragu menulis komentar atau mengirim email ke info@palbislo.com. Tentunya akan kita balas dong!

Leave a Comment

%d bloggers like this: