Rahasia di Balik Kesuksesan

Pernah kebayang ga kira-kira kenapa orang-orang tertentu bisa memiliki pencapaian-pencapaian yang berarti? Padahal, hidup itu kan selalu penuh tantangan untuk setiap orang. Lalu gimana caranya untuk selalu bersemangat dalam menghadapi tantangan tersebut?

Menurut artikel, salah satu faktornya adalah karena orang-orang itu tahu bagaimana caranya untuk berbahagia, bersyukur, dan melihat sisi baik dari segala hal. Sehingga semangat mereka seperti selalu terbaharui untuk selalu melakukan tanggung jawabnya. Untungnya ada penelitian ilmiah yang mencari tahu bagaimana manusia bisa berbahagia karena hal tersebut butuh dibiasakan. Yuk kita juga ikutan mempraktekan.

1. Olahraga

Merasa sibuk sehingga ga sempat olahraga? Sebenernya 10 menit aja cukup loh dalam sehari. Apalagi sekarang ada beberapa apps yang isinya panduan olahraga. Bisa pilih mana sesi yang cocok dari segi waktu.

Gue mau cerita sedikit tentang pengalaman pribadi. Gue pernah loh dioperasi syaraf kejepit gara-gara ga pernah olahraga. Sehingga sekarang gue berolahraga setiap hari sekitar 20 menitan. Efeknya bukan hanya badan bugar, perasaan pun jadinya lebih gembira. Ini karena olahraga melepaskan hormon endorphin yang membuat senang.

2. Tidur yang Cukup

Saat kurang tidur, bagian otak yang bertugas mengingat hal-hal yang baik lebih lambat dalam memperbaiki sel-selnya daripada bagian otak yang bertugas mengingat hal-hal buruk. Sehingga ketika kurang tidur, maka perasaan jadi tidak menentu dan sensitif.

3. Senantiasa Bercengkrama Dengan Orang-Orang Terdekat

Mungkin zaman sekarang semua orang sibuk sehingga sulit bertemu. Tetapi dengan adanya video call, kita bisa bercengkrama langsung dengan orang-orang terdekat kita yang tinggalnya berjauhan. Mereka adalah orang-orang yang selalu mendukung kita dalam kondisi apapun, sehingga menghubungi mereka secara teratur adalah suatu bentuk rasa syukur akan hal yang kita miliki.

4. Menikmati Sinar Matahari dan Udara Segar

Ada yang suka pantai? Pasti tahu dong rasanya ketika main di pantai? Rasanya ada suatu perasaan bebas, lapang, dan serba ringan. Nah, menikmati sinar matahari pagi dan udara segar juga menimbulkan sensasi yang agak mirip seperti ketika bermain di pantai. Kalau memungkinkan, sebaiknya dilakukan setiap hari.

5. Pengabdian Sosial

Ketika kita beramal, biasanya kita merasa senang dan lega setelahnya. Nah gimana kalau yang kita sumbangkan adalah waktu kita, yang lebih berharga daripada uang? Menurut penelitian, imbasnya jauh lebih terasa menyenangkan ketika kita turun langsung melakukan pengabdian sosial.

6. Tersenyum Untuk Mengaktifkan Pikiran Positif

Ada suatu TED Talk yang menerangkan bahwa pikiran mempengaruhi gerak tubuh, dan sebaliknya gerak tubuh pun bisa mempengaruhi pikiran. Dalam hal tersenyum, apabila dilakukan dengan niat yang tepat maka bisa meningkatkan mood dan memicu pikiran yang positif. Banyak tersenyum malah akan meningkatkan kemampuan kita untuk berkonsentrasi pada suatu hal dan berpikir secara menyeluruh secara bersamaan.

7. Merencanakan Liburan Walaupun Tidak Dilakukan

Kadang ada batasan waktu sehingga tidak bisa sering-sering berlibur. Walaupun begitu, merencanakan liburan akan membuat kita bersemangat karena membayangkan kita berada di tempat favorit melakukan hal yang kita senangi adalah hal yang menyenangkan.

8. Berdoa atau Meditasi

Selain untuk meminta, berdoa sebenernya merupakan ekspresi rasa syukur dari apa yang telah dikaruniakan. Sama seperti meditasi yang isinya adalah mengulas kehidupan diri sendiri, berdoa membuat kita memiliki kesadaran tentang apa yang terjadi di sekeliling kita, untuk akhirnya mengerti bahwa perbedaan yang kita miliki ada karena manusia diciptakan untuk saling menguatkan dan membantu satu sama lainnya, sehingga bisa bersama-sama tumbuh lebih baik dari waktu ke waktu. Rasa kasih sayang dan empati yang muncul ini pun akan membuat kita merasa lebih bahagia.

9. Berlatih Bersyukur Secara Nyata

Hal ini bisa dilakukan dengan menulis hal yang kita syukuri setiap harinya ataupun dengan menceritakan pada orang lain. Sehingga, mau tidak mau kita menjadi terlatih untuk bersyukur.

Practice makes perfect, ayo kita juga ikuti jejak orang-orang yang selalu menginspirasi itu.

Leave a Comment

%d bloggers like this: