Membuat Website Mudah, Murah, dan Meriah

Waktu pertama kali mulai jualan, sebenernya udah punya website sendiri. Waktu itu install khusus untuk plugin Woocommerce. Dari website tersebut, udah lumayan penghasilannya untuk tahap awal. Tapi banyak tapinya. Design kurang sesuai keinginan, kurang mobile friendly, fitur kurang, dan 101 tapi lainnya. Sehingga, ingin buat website sendiri. Tentunya kalau usaha udah jalan, pastinya lebih baik outsource lah ya. Tetep gue penasaran harganya berapa kalau pesan ke orang lain, siapa tau aja mure-mure. Ternyata mahal juga, design yang spesifikasinya lebih sederhana aja sekitar 10 jutaan lebih. Jadi mungkin bisa hingga 2 kali lipat harganya. Akhirnya gue buat sendiri aja deh. Berhubung ini masih tahap pra business plan. Website ini malah ada sebagai tahap eksplorasi dan penelitian untuk mengenal usaha yang gue perdalam.

Yak jadi akhirnya gue memutuskan untuk buat sendiri aja. Selain security system, bikin website adalah hal yang paling menantang yang pernah gue alami selama petualangan dunia kewirausahaan ini. Gue ga ada background programming sama sekali tapi gue semacam ingin membuat multisite dalam satu domain dengan tema berbeda setiap microsite. Ga pake subdomain karena ada beberapa pertimbangan lain yang berhubungan dengan biaya plugin. Terima kasih juga pada Spotify yang telah memutarkan musik instrumental yang indah dan menenangkan di saat-saat sulit. Untungnya sekarang udah lewat, dan datanglah masalah baru lagi yang nanti akan gue ceritakan setelah rampung.

Di awal prosesnya mumet karena gue mencoba banyak tema, mulai dari yang gratis sampe yang berbayar tapi trial version. Ada mungkin hampir sebulan untuk coba-coba, ubah sana ubah sini dengan modal pengetahuan coding sangat terbatas. Tapi mungkin karena kebutuhannya agak rumit, sehingga tema yang udah jadi dan dipasarkan secara bebas ga ada yang cocok dengan kebutuhan gue. Jadi saat itu gue tau bahwa yang lebih gue butuhkan adalah page builder dibandingkan tema yang sudah jadi. Tapi page builder gratis juga kemampuannya terbatas. Dia bisa membuat macam-macam layout tapi terbatas pada isi halaman, bukan header. Sehingga gue mempertimbangkan untuk menggunakan page builder yang berbayar tapi kalau bisa yang terjangkau aja.

Kemudian gue search kira-kira page builder apa yang bisa membantu mewujudkan bayangan website yang ada di benak gue. Ternyata page builder berbayar itu umumnya mahal-mahal. Itupun masih butuh pengembangan kalau mau bikin multisite ala-ala. Akhirnya gue menemukan rekomendasi tentang suatu tema WordPress yang user-friendly, murah, tapi bisa membantu melakukan banyak modifikasi. Namanya GeneratePress. Support yang mereka berikan cetar banget. Lewat forum yang khusus dibuka untuk member berbayar, mereka akan membimbing gimana caranya membuat website yang diinginkan. Dokumentasinya juga rapi banget, jadi untuk member standar yang ga bayar bisa dapat banyak manfaat juga. Harganya 40 USD per tahun untuk jumlah website yang tidak terbatas. Lumayan banget sih ini. Sehingga gue cobalah ini berhubung ini jauh lebih terjangkau dibanding tema lainnya.

Yang paling menarik dari GeneratePress ini buat gue adalah kemampuan halaman website untuk memuat page header yang berbeda-beda tergantung keinginan kita. Jadi misal kita bikin page header A, B, dan C dengan design dan warna yang berbeda-beda. Nah kita bisa tuh pasang A di halaman 1-10, B di 11-20, dan sisanya C. Ini cocok banget dengan kebutuhan gue yang ingin membuat multisite.

Gue juga suka dengan hasil tampilannya yang mobile-friendly. Di website gue yang sebelumnya, 99% pengunjung mengakses toko gue lewat HP. Jadi mobile friendly adalah prioritas utama. Di GeneratePress ini, design mobile udah termasuk fitur dasar yang ga perlu penyesuaian rumit lagi. Selain itu, ada fitur menu yang khusus untuk mobile sehingga pengaturannya bisa lebih mudah.

GeneratePress juga punya fitur namanya customizer yang membantu banget saat kita butuh untuk mengubah tampilan website tanpa harus coding, walaupun kalau mau bikin seperti multisite tetap melibatkan banyak coding. Tapi kalau untuk membuat web standar yang requirement rendah, customizer ini menghemat waktu banget. Membuat satu web bisa cuma butuh waktu paling lama 1 hari kerja.

Secara keseluruhan, page builder ini sangat oke. Bahkan kalau dilihat di support forum, banyak loh ternyata yang merupakan web developer, yaitu orang yang mendapatkan uang dari jasa membuat website. Jadi kalau tertarik untuk buka jasa pembuatan web atau untuk project pribadi, silakan pake GeneratePress.

Leave a Comment

%d bloggers like this: