Anggaran: Perkirakan Pengeluaran dan Tabungan Dari Awal Bulan

Pernahkah suatu hari lo menghitung-hitung secara garis besar di luar kepala berapa uang yang akan ditabung pada bulan tersebut, tapi ternyata perhitungannya meleset jauh di akhir bulan? Atau ketika lo berencana membeli suatu barang tapi ternyata uangnya tidak cukup?

Gue pernah, dulu. Jadi waktu itu perhitungannya hanya mempertimbangkan pos yang besar-besar, eh ternyata yang kecil-kecil kalau dijumlahkan hasilnya lumayan juga. Dulu gue bertanya-tanya, kemana larinya uang-uang itu? Dan hal itu harus kejadian beberapa bulan sebelum gue bisa mengatasinya. Awalnya gue mencoba merekam setiap aktivitas keuangan, tetapi kurang ada dampaknya karena tidak konsisten.

Akhirnya seorang teman ngasih saran untuk membuat anggaran sederhana. Sejak itu, pengelolaan keuangan gue lebih akurat dengan menggunakan template anggaran sederhana di Excel. Click disini untuk download template tersebut. Kita dapat mengetahui estimasi tabungan dan pengeluaran di bagian bawah. Pertama kali memperkirakan berapa yang dianggarkan memang agak nujum sih, tetapi kita jadi lebih tahu besarannya setelah lewat bulan pertama.

Dummy Data. Family Budget Template dari Excel.

Selain itu, kita juga bisa melihat laporan laba rugi di template yang sama.

Dummy Data. Laporan laba rugi.

Manfaat yang gue rasakan dengan melakukan penganggaran ini adalah:

  • Mengetahui secara menyeluruh struktur pengeluaran, baik secara presentase maupun besaran. Sehingga, kita bisa menilai apakah sudah cukup oke atau malah banyak bocor untuk hal yang bukan prioritas.
  • Mengetahui kapan bisa melakukan pembelian barang yang penting dan tinggi harganya. Kalau sifatnya mendesak, maka anggaran pos yang lain bisa diperkecil.
  • Mengetahui kapan kita bisa mencapai tujuan keuangan misalnya, kapan bisa melunasi cicilan KPR, kapan bisa eksperimen memulai bisnis, atau lainnya. Nanti kita bahas ya tentang tujuan keuangan ini.

Bagi yang lebih suka menggunakan mobile app, ada juga buatan Indonesia yang cukup keren dan membantu yaitu Jojonomic. Yang perlu diingat adalah, mau pakai apapun alatnya atau sedalam apa monitor yang akan lo lakukan, pastikan bahwa sistemnya bisa diimplementasikan. Kalau lo mendelegasikan pelaksanaannya ke orang lain misalnya pasangan atau saudara, pastikan orang itu juga sudah hatam. Bisa juga dibuatkan petunjuk tertulis sederhana untuk dia. Yang penting harus disiplin dan berkomitmen agar bisa terus berkelanjutan. Gue sendiri menjadi lebih pede setelah melakukan ini karena merasa lebih terarah dan mampu mengendalikan kehidupan pribadi yuk yak yuk. Tapi tetap rendah hati dong ya harus hehehe.

Ok deh, selamat budgeting. Tetap enjoy life ya jangan sampai mirip Paman Gober. Lo yang paling tau dan lo yang paling bisa deh ngatur hidup lo.

Peace and Love.

2 thoughts on “Anggaran: Perkirakan Pengeluaran dan Tabungan Dari Awal Bulan

  1. Pingback: Tujuan Keuangan: Menggambar Peta Perjalanan – Paling Bisa Deh Lo!

Leave a Comment

%d bloggers like this: